BLANTERORBITv102

    Air Terjun Tri Sakti Pukau Sandiaga Uno

    Kamis, 04 Agustus 2022
    Air Terju Tri Sakti
    Meparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Air Terjun Tri Sakti (instagram/@sandiuno)

    Keindahan Air Terjun Tri Sakti yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu berhasil memukau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandi mengaku sangat terpukau akan keindahan Air Terjun dengan ketinggian sekitar 87 meter tersebut saat menyaksikannya langsung pada Selasa (2/8/2022).

    Dengan keindahan dua air terjun dsatu tempat yaitu Air Terjun Puspa Dewi yang merupakan air terjun hangat kemudian mengalir menjadi satu aliran sungai dari Air Terjun Tri Sakti. Sadiaga Uno atau mas menteri hanya bisa mengungkapkannya dengan dua kata yaitu "Luar Biasa".

    Kunjungan Sandiaga Uno ke Air Terjun Tri Sakti merupakan bagian dari kegiatan visitasi penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Dimana dalam ajang tersebut Desa Belitar Seberang masuk dalam 50 besar penilaian ADWI 2022.

    Dalam kunjungannya ke Desa Belitar Seberang tersebut, Sandiaga Uno Didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, juga Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah, Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Anggota DPR RI Komisi X Dewi Coryati, Anggota DPD RI Riri Damayanti, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, H Suharto MBA, serta Forkopimda Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong.

    Setiba di Desa Belitar Seberang Menparekraf Sandiaga Uno langsung disambut tarian persembahan adat rejang, kemudian dilanjutnya Usai meninjau produk industri kreatif UMKM Desa Wisata Belitar Seberang, yakni pengolahan Gula Aren dan melakukan penanaman bibit aren.

    Usai meninjau pengolahan gula aren, kemudian Sandiaga Uno bersama rombongan melanjutkan perjalan menuju komplek wisata Air Terjun Tri Sakti yang berjarak sekitar 2,5 KM dari Desa Belitar Seberang, setiba dilokasi kemudian Sandiaga disambut dengan kesenian jaranan atau kuda lumping. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau produk-produk UMKM dan terakhir baru menuju dasar Air Terjun Tri Sakti yang harus menuruni tebing dengan kedalaman mencapai 100 meter.

    Akses jalan menuju dasar Air Terjun Tri Sakti ini sangat bagus karena sudah dibangun anak-anak tangga dibeberapa sisi lengkap dengan pagar pengaman sekaligus untuk pegangan.

    Disisi kiri saat menuju dasar Air Terjun Tri Sakti ini, Sandiaga Uno dan rombongan dimanjakan dengan keindahan Air Terjun Puspa Dewi yang mengalirkn air hangat. Air Terjun ini tepat berada disisi kiri jalan.