BLANTERORBITv102

    Lima Danau di Curup Bengkulu, Nomor 4 Unik dan Alami

    Kamis, 08 September 2022
    wisata curup
    Wisatawan saat bermani kano di Danau Mas Harun Bastari Curup

    Kabupaten Rejang Lebong yang dikenal dengan Kota Curup yang berada di daerah bukit barisan menyimpan banyak keindahan alam. Keindahan alam yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mulai dari pegunungan, sungai, air terjun hingga danau.

    Selain memiliki Danau Mas Harun Bastari yang memang sudah lama terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Ternyata Kabupaten Rejang Lebong memiliki sejumlah danau lainnya selain yang bisa wisatawan kunjungi.

    Lalu danau apa saja yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, berikut sudutwisata.com mengulasnya untuk anda.

    1. Danau Mas Harun Bastari

    wisata curup
    Danau Mas Harun Bastari dengan pulau berbentuk C ditengahnya
    Danau Mas Harun Bastari atau juga sering disebut sebagai Danau Mas, merupakan dana pertama yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Danau seluas lebih kurang 75 hektare ini berada di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang.

    Danau Mas Harun Bastari ini tepat berada disisi jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, sehingga akses untuk menuju danau ini sangat mudah. Selain dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan asri. ditengah-tengah danau ini terdapat pulau yang menyerupai hurup C. Pulau tersebut disebut-sebut melambangkan Kota Curup yang merupakan ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong.

    Fasilitas yang tersedia di Danau Mas Harun Bastari ini sudah cukup lengkap, mulai dari toilet, mushola, area bermain anak sejumlah tempat makan hingga penginapan yang ada disekitar danau.

    Di Danau Mas Harun Bastari ini selain menikmati keindahan danau wisatawan bisa melakukan berbagai aktifitas mulai dari keliling danau menggunakan perahu, kemudian naik perahu bebek hingga memancing.

    2. Danau Bermanei

    wisata curup
    Danau Bermanei atau Danau Talang Kering dengan latar Bukit basah (foto:The sleepwalker)
    Danau kedua yang ada di Kabupaten Rejang Lebong atau Kota Curup adalah Danau Bermanei. Selain dikenal dengan nama Danau Bermanei danau ini juga sering disebut masyarakat sebagai Danau Talang Kering.

    Danau ini berada diperbatasan tiga desa yang ada di Kecamatan Curup Utara yaitu Desa Pahlawan, Kelurahan Tunas Harapan dan Desa Perbo. Lokasi danau ini sangat mudah diakses karena tepat berada dipinggir jalan lintas Curup-Muaraaman.

    Danau ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan saat sore hari, kemudian dikawasan danau ini banyak ditemukan warga yang memancing.


    3. Danau Suro Manggi

    wisata curup
    Danau Suro Manggi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong
    Danau Suro Manggi merupakan danau selanjutnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Danau ini berada di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu.

    Pada awalnya danau yang memiliki luas sekitar 1,5 hektare ini merupakan embung desa yang berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan air bagi lahan pertanian di wilayah sekitar danau.

    Namun seiring dengan menggeliatnya sektor pariwisata, embung tersebut kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dan dikenal dengan nama Danau Suro Manggi. Dilokasi ini, wisatawan selain bisa melepas penat dengan keindahan danau, juga bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas mulai dari perahu dan perahu bebek untuk mengelilingi danau. Dan ditengah-tengah danau terdapat juga pulau yang bisa kunjungi oleh wisatawan.

    4. Danau Telapak Kaki

    wisata curup
    Danau Telapak Kaki yang ada di kawasan Bukit Daun (instagram/@danuandryka)
    Danau Telapak Kaki ini berada di kawasan Puncak Gunung Daun dengan ketinggian  2.476 Mdpl. Karena berada dikawasan Gunung Daun, sehingga akses untuk menuju danau ini adalah akses yang digunakan para pendaki, sehingga wisatawan yang ingin ke danau ini adalah wisatawan yang memiliki minat khusus.

    Danau yang memiliki luas sekitar 2,5 hektare dan masih sangat alami ini dinamakan danau Telapak Kaki, karena bila dilihat dari atas danau ini menyerupai bekas telapak kaki manusia raksasa.

    5. Embung Sukarami

    wisata curup
    Danau Embung Sukarami di Kecamatan Kota Padang (foto:Emis Tuatanasay)
    Embung Sukarami adalah danau terakhir yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Danau ini berada di Desa Sukarami Kecamatan Kota Padang. Sebelum dikembangkan menjadi objek wisata, Embung Sukarami adalah semak belukar kemudian dibuka oleh pihak desa dan BUMDes sehingga menjadi tempat wisata.

    Di danau yang memiliki luas sekitar 2 hektare tersebut wisatawan bisa melakukan sejumlah aktifitas mulai bermain sepeda air, perahu bebek, playing fox, kolam pemancingan dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

    Demikian ulasan lima danau yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, anda tertarik mengunjungi nomor berapa?