BLANTERORBITv102

    Watergong Klaten, Sungai Seribu Ikan yang instagramable

    Kamis, 15 Desember 2022
    watergong
    Watergong Klaten, Sungai Seribu Ikan (instagram/@ekoiriyanto02)

    Selain terkenal dengan wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah ternyata juga memiliki spot wisata lain yang masih berkaitan dengan air dan juga instagramable. Wisata tersebut adalah Wargtong Klaten.

    Wartergong klaten yang juga disebut sebagai sungai seribu ikan, karena terdapat ribuan ikan dialiran Sungai Gejikan yang dijadika tempat wisata ini. Wisata Watergong ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

    Objek wisata watergong ini berjarak sekitar 46 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Solo, objek wisata ini berjarak 26 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 5.000 per orang.

    Sungai Gejikan yang dijadikan wisata Watergong ini dulunya merupakan sungai yang dijadikan tempat pembuangan sampah, Hingga akhirnya warga sadar dan bergotong royong membersihkan tempat tersebut.

    Lingkungan menjadi bersih, kemudian mata air terjaga, dan objek wisata ini terbentuk. Di Watergong Polanharjo Klaten memiliki panjang 100 meter dan tiap petak berukuran panjang sekitar 20 meter dan lebar 5 meter. Di setiap plot, satu ton ikan ditanam, yang beratnya bisa mencapai 20 ton saat dipanen. Di tempat wisata ini tidak hanya terdapat sungai dan ikan saja. Tapi ada juga warung makan di sepanjang tepi sungai. Ikan di objek wisata Air Gong Polanharjo juga digunakan dalam hidangan bakar, goreng, atau fillet. Hidangan ikan di sini mulai dari Rp 12.000 per ikan.

    Dengan budget segitu, wisatawan bisa menikmatinya dengan nasi dan sambal. Tidak hanya masakan ikan, ada menu lain seperti pecel dan menu sayur lainnya.

    Anda penasaran dengan objek wisata ini, maka bisa menjadi salah satu daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi saat ke Yogyakarta.