BLANTERORBITv102

    Wisata Aek Sijorni, Serpihan Surga di Tapsel

    Senin, 27 Februari 2023
    Aek Sijorni
    Wisata Aek Sijorni Tapsel (instagram/@zulpan_ritonga)
    Sudutwisata.com- Aek Sijorni merupakan tempat wisata  berupa air terjun bertingkat dengan air yang selalu jernih. Wisata Aek Sijorni ini berada di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi-Padangsidimpuan yaitu Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

    Lokasi wisata Aek Sijorni ini berjarak sekitar 30 KM dari Kota Padang Sidempuan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan dari Kota Medan waktu tempuhnya sampai dengan 12 jam.

    Sesuai dengan namanya, Aek Sijorni ini adalah air terjun dengan aliran air yang sangat jernih. Selain airnya jernih, Air Terjun Aek Sijorni juga memiliki bentuk yang unik yaitu berundak-undak yang merupakan susunan batu cadas tanpa lumpur, belum lagi disekelilinginya dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa sehingga akan menambah indah wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Tapanuli Selatan ini.

    Aek Sijorni ini merupakan bagian dari aliran Sungai Sayur Matinggi, dimana airnya selalu mengalir jernih sekalipun saat musim hujan. Selain berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Diwisata ini juga terdapat juga kolam renang dengan air yang juga jernih dengan kedalaman yang beragam. Sehingga selain bisa berenang atau bermain air di air terjun, wisatawan juga bisa berenang dikolam renang. Kemudian juga terdapat beberapa wahana permainan anak-anak.

    Dari area parkiran menuju tempat wisata ini, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu dan melewati jembatan gantung yang dibawahnya mengalir Sungai Sayur Matinggi, kemudian menaiki beberapa anak tangga sebelum sampai ke lokasi wisata Aek Sijorni. Namun, lelah berjalan menuju lokasi tersebut seketika akan sirna, karena melihat keindahan wisata Aek Sijorni.

    Tarif yang dikenakan untuk masuk ke objek wisata yang buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, yaitu Rp 20 ribu untuk satu orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. Namun kadang-kadang ada perubahan tarif menyesuaikan dengan moment-moment tertentu.

    Objek wisata ini Untuk fasilitas sendiri, sudah cukup lengkap mulai dari area parkir yang lus, kamar ganti, toilet musola, gazebo hingga warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.