BLANTERORBITv102

    Menparekraf Dukung Asia Media Summit

    Rabu, 24 Mei 2023
    AMS ke-18
    Pembukaan AMS ke-18 di Bali

    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pelaksanaan Asia Media Summit (AMS) ke-18.
    Menurut Sandiaga, kegiatan AMS yang dilaksanakan di Bali selama dua hari yaitu tanggal 23 hingga 24 Mei tersebut semakin memperkuat peran media dalam mendukung kebangkitan ekonomi.
    "Media memiliki peranan penting dalam mempromosikan keberlanjutan ekonomi dengan menghadirkan ragam informasi terkait kebijakan maupun situasi ekonomi terkini"," kata Sandiaga,
    Melihat peran penting dari media tersebut, maka Sandiaga berharap melalui AMS ke-18 tersebut dapat meningkatkan dukungan dan kontribusi media dalam membangkitkan ekonomi dunia khususnya disektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
    Untuk mensukseskan kegiatan AMS ke-18, menurut Sandiaga Kemenparekraf telah menyiapkan 500 cendera mata eksklusif untuk para degegasi yang hadir. Cendera mata yang disiapkan tersebut berupa kalin selendang dan batik motif bali hasil produksi UMKM-UMKM lokal terpilih.
    "Di dalam cindera mata tersebut disertakan pesan khusus sebagai tanda persahabatan antara Wonderful Indonesia dengan seluruh pemangku kepentingan sektor media di kawasan Asia Pasifik," terang Sandiaga.
    Bahkan menurutnya, untuk mendukung promosi wisata Indonesia kepada para delegasi internasional, turut dimuat artikel promosi Wonderful Indonesia pada program guideline AMS ke-18 Bali 2023. 
    "Saya berharap pertemuan ini dapat menghasilkan aksi nyata bagi perkembangan media di dunia, khususnya wilayah Asia-Pasifik," harapnya.
    Dalam kesempatan tersebut, ia juga berharap kepada seluruh media dan lembaga penyiaran yang ada di Indonesia, untuk terus berperan aktif mempromosikan pariwisata Indonesia ke kancah internasional.
    Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin saat membuka AMS ke-18 berharap media untuk terus beradaptasi terharap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
    Hal tersebut untuk memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi antara publik dan pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi. 
    "Saya percaya perubahan akan terus berlangsung sehingga adaptasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu dilakukan oleh seluruh pihak," ungkap Wapres Ma’ruf Amin.
    Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin mengajak seluruh media untuk memperkuat peran dasar mereka sebagai jembatan komunikasi dan informasi antara publik dan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi.
    Kegiatan AMS ke-18 tersebut juga dihadiri para Menteri bidang Komunikasi dan Informasi negara-negara sahabat (Bangladesh, Kamboja, Myanmar, India, Papua Nugini, Fiji, dan Samoa), Sekjen ASEAN, Sekjen UNESCAP, Vice President AIDB, Direktur Utama LPP TVRI, dan Gubernur Bali.(*)