BLANTERORBITv102

    10 Destinasi Wisata Terbaik di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

    Kamis, 13 Juli 2023
    wisata aceh
    Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (instagram@hadipramono82)

    SUDUTWISATA.COM- Ada banyak destinasi wisata menarik di Aceh yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. 

    Tempat-tempat ini menawarkan keindahan alam dan fasilitas yang membuat liburan semakin menyenangkan.

    Selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, banyak dari tempat wisata di Aceh juga terjangkau bahkan beberapa di antaranya gratis. 

    Ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati pengalaman wisata tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

    Berlibur bersama keluarga atau teman juga bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan. Membuat kenangan indah dan saling berbagi kegembiraan dengan orang-orang terdekat adalah hal yang sangat berharga.

    BACA JUGA: Lagi Liburan ke Krui Lampung, Ini 6 Tempat Kulineran yang Bisa Anda Kunjungi

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Temburun, Air Terjun 7 Tingkat di Anambas

    Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Aceh yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

    1. Masjid Raya Baiturrahman

    Destinasi wisata pertama yang harus Anda kunjungi di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini merupakan tempat wisata religi yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan saat berada di Aceh. 

    Dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat Aceh. Lokasinya berada di Jalan Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, NAD

    Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi ikon wisata di Aceh. Bangunannya memiliki warna putih dengan kubah hitam yang mencolok. 

    Tujuh pilar besar mengelilingi masjid dengan kubah hitam yang menghiasi puncaknya. Kolam besar dengan air pancuran di depan masjid menambah kemegahan dan keindahan masjid ini.

    Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi daya tarik wisata yang menarik bagi pengunjung. 

    Anda dapat mengunjungi masjid ini untuk mengagumi arsitektur yang indah, mengambil foto di area sekitar masjid, atau menikmati ketenangan dan kedamaian di dalamnya.

    Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu simbol keagungan dan keindahan Islam di Aceh, dan mengunjunginya akan memberikan pengalaman spiritual dan sejarah yang berharga.

    2. Museum Tsunami

    Wisata Aceh yang kedua adalah Museum Tsunami. Bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 merupakan peristiwa yang tak terlupakan bagi Aceh dan dunia. 

    Museum Tsunami yang berada di  Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, didirikan sebagai upaya mengenang peristiwa tragis tersebut dan memberikan penghormatan kepada korban.

    Museum ini menawarkan pengalaman yang mendalam saat Anda menjelajahi berbagai ruangannya. Salah satunya adalah Lorong Tsunami, di mana Anda dapat mendengar suara gemuruh air dan mengalami sensasi air yang mengingatkan pada kejadian tsunami saat itu.

    Selain itu, terdapat juga Sumur Doa, sebuah ruangan silinder dengan pencahayaan redup. Ruangan ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan di dindingnya terdapat lebih dari 2.000 nama orang yang menjadi korban bencana tsunami tersebut, sebagai penghormatan bagi mereka.

    Museum Tsunami juga menampilkan ruangan-ruangan lain yang menggambarkan peristiwa dan dampak dari tsunami tersebut. Setiap ruangan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan alam yang menghancurkan dan penderitaan yang dialami oleh masyarakat Aceh.

    BACA JUGA: Krakatau Park Lampung, Taman Hiburan Terbesar di Lampung

    BACA JUGA: Bengkulu Kembali Gelar Festival Tabut 2023, ini Jadwalnya

    3. Pantai Lampuuk

    Pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang cocok untuk berselancar. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dan aktivitas air yang seru.

    Taman Lampuuk ini berada di Pantai Lampuuk terletak di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Pantai Lampuuk menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Nanggro Aceh Darussalam (NAD) khususnya Banda Aceh.

    4. Dreamlife Beach

    Dreamlife Beach adalah salah satu taman pinggir pantai yang saat ini sangat populer dan sedang menjadi hits di Aceh. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

    Dreamlife Beach yang berlokasi di Jalan Pulau Kapuk, Mon Ikeun, Lhoknga, Aceh Besar.

    Pemandangan hamparan pasir putih yang luas semakin menarik dengan sentuhan ornamen kayu yang menghiasi area tersebut. Hal ini akan membuat acara piknik bersama keluarga terasa istimewa dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

    Bagi mereka yang tidak sempat menyiapkan makanan, tidak perlu khawatir. Terdapat restoran dengan konsep terbuka di lokasi ini, yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

    5. Danau Laut Tawar

    Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Masyarakat setempat khususnya Suku Gayo menyebut danau ini sebagai Danau Lut Tawar.

    Danau Laut Tawar merupakan danau air tawar terbesar di Aceh dengan pemandangan yang indah. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti perahu dayung, memancing, atau sekadar menikmati keindahannya.

    BACA JUGA: Menparekraf Luncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani

    BACA JUGA: Maron Valley Pujon, Glamping Tembus Pandang di Malang

    6. Pantai Ulee Lheue

    Salah satu destinasi liburan Lebaran yang dapat Anda pertimbangkan adalah Pantai Ulee Lheue. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dengan ombak kecil dan tenang, sehingga sangat cocok untuk mandi dan bermain bersama anak-anak.

    Di Pantai Ulee Lheue, Anda juga dapat menikmati wahana bebek kayuh atau becak air. Selain itu, terdapat banyak jajanan makanan dan minuman di sekitar pantai, sehingga Anda dapat menikmati suasana santai sembari menikmati makanan favorit.

    Keistimewaan lain dari Pantai Ulee Lheue adalah Anda dapat menikmati keindahan panorama pantai ini tanpa dikenakan biaya sama sekali. Hal ini membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

    Pantai Ulee Lheue terletak di Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh. Ini adalah lokasi yang mudah diakses dan cocok untuk dijadikan tujuan liburan keluarga.

    7. Pantai Kuala Leupung

    Leupung adalah sebuah destinasi wisata yang sangat cocok bagi para pecinta pantai. Tempat ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan hamparan laut berwarna biru yang terletak di kawasan Aceh Besar.

    Leupung terletak sekitar 30 kilometer dari pusat Banda Aceh, menjadikannya cukup mudah dijangkau untuk para wisatawan.

    Lolasinya berada jalan Meulaboh - Banda Aceh, Dayah Mamplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar,

    Selain menikmati pemandangan pantai yang indah dari gazebo-gazebo yang tersedia, para pengunjung juga dapat mencoba makanan khas Aceh yang dijajakan oleh masyarakat lokal. Mi Aceh dan Kopi Gayo adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa Anda nikmati di sini, memberikan pengalaman kuliner yang autentik.

    Dengan kombinasi keindahan pantai dan kenikmatan kuliner khas Aceh, Leupung menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati liburan mereka di Aceh.

    8. Taman Nasional Gunung Leuser

    Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara

    Taman Nasional yang luas dan kaya akan keanekaragaman hayati. Di sini Anda dapat menjelajahi hutan hujan tropis, melihat satwa liar, dan menikmati trekking yang menantang.

    BACA JUGA: Keindahan Air Terjun Temam, Wisata Hits di Kota Lubuklinggau

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Lemutu, Muara Enim Sumatera Selatan

    9. Pulau Weh

    Pulau yang terletak di ujung barat Sumatera dengan pantai yang indah dan terumbu karang yang menakjubkan. Snorkeling, diving, dan berenang dengan ikan-ikan warna-warni adalah aktivitas yang populer di sini.

    Pulau Weh atau dikenal juga dengan Pulau Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra.

    10. Air terjun Peucari Jantho

    Jika Anda berada di Aceh, destinasi wisata air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Air Terjun Peucari. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan alam yang masih alami dan indah, serta air terjun bertingkat yang menambah keelokan panorama.

    Air Terjun Peucari terletak di Bueng, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Lokasinya memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang masih terjaga dan menikmati suara gemuruh air terjun yang menenangkan.

    Kunjungan ke Air Terjun Peucari akan memberikan pengalaman yang memikat bagi pecinta alam dan penggemar fotografi. Anda dapat menjelajahi area sekitar air terjun, menjelajahi jalur trekking, atau hanya duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar Anda.

    Dengan keindahan alam yang terjaga dan pesona air terjun yang menakjubkan, Air Terjun Peucari merupakan destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Aceh.

    Itulah 10 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Aceh, semoga bermanfaat.(*)