BLANTERORBITv102

    Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    Minggu, 23 Juli 2023
    Air Terjun Sipisopiso
    Pesona Air Terjun Sipiso Piso Sumatera Utara (instagram/@zoel_bfc)


    SUDUTWISATA.COM- Air Terjun Sipiso Piso adalah salah satu daya tarik utama di Provinsi Sumatera Utara, menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi sekitar 120 meter. 

    Air Terjun Sipiso Piso berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

    Air Terjun Sipiso Piso berdekatan dengan Danau Toba yang berada pada 800 meter diatas permukaan air laut. Air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah di dataran tinggi Karo dan mengalir melalui sebuah goa di sisi kawah Danau Toba.

    BACA JUGA: Kapal Pinisi Kenzo, Daya Tarik Baru di Danau Toba

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Ulu Suliti, Keindahan Tersembunyi di Solok Selatan Sumatera Barat

    Aliran air yang berasal dari goa tersebut, walaupun tak terlalu lebar, tetap mengagumkan ketika jatuh dari ketinggian 120 meter, memberikan keindahan tersendiri bagi air terjun ini. Nama "Sipiso Piso" memiliki arti "pisau" dalam bahasa setempat, mengacu pada bentuk air terjun yang mirip dengan pisau, ramping dan panjang saat terlihat dari jarak jauh.

    Air Terjun Sipiso-piso, merupakan salah satu destinasi alam menarik yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Sibayak, Sumatera Utara.

    Air Terjun Sipiso-piso tercipta dari aliran Sungai Asahan yang bermula dari Danau Toba. Aliran sungai ini mengalir melintasi tebing batu kapur yang tinggi, sehingga membentuk air terjun yang mempesona. 

    Di sekeliling air terjun, pemandangan menjadi semakin cantik dengan kehadiran pepohonan lebat yang memberikan nuansa hijau yang menenangkan, dan juga perkebunan kopi yang menambah daya tarik panorama alamnya.

    Perjalanan dari Medan ke Air Terjun Sipiso Piso memiliki jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar 117 kilometer. Dengan kecepatan dan kondisi jalan yang umum, waktu tempuhnya memerlukan sekitar 4 jam perjalanan.

    Sementara itu, jarak dari Brastagi ke Air Terjun Sipiso Piso jauh lebih dekat, hanya sekitar setengah jam perjalanan saja. Jarak yang lebih singkat ini memungkinkan para pengunjung untuk lebih cepat mencapai keindahan air terjun tersebut dari kawasan Brastagi.

    Jalan menuju Air Terjun Sipiso Piso telah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat hingga mencapai area parkiran. Namun, untuk mencapai lokasi utama Air Terjun Sipiso Piso, wisatawan diharuskan berjalan kaki melalui anak tangga yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

    BACA JUGA: Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

    BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

    Setelah melewati loket tiket, jalan menuju Air Terjun Sipiso Piso akan melewati kawasan objek wisata Danau Toba. Wisatawan juga akan melewati berbagai penginapan dan rumah makan di sepanjang perjalanan.

    Meskipun kondisi jalan menuju objek wisata ini telah ditingkatkan dan bagus, namun disarankan bagi pengemudi yang belum berpengalaman untuk tetap berhati-hati karena jalannya memiliki banyak kelokan.

    Setelah wisatawa tiba di lokasi parkiran, untuk mencapai lokasi utama Air Terjun Sipiso-Piso perlu dilanjutkan dengan trekking atau berjalan kaki di alam terbuka.

    Trekking menuju Air Terjun Sipiso Piso dilakukan melalui jalur yang telah disediakan, berupa anak tangga sebanyak sekitar 1000 anak tangga hingga mencapai lokasi utamanya.

    Meskipun trekking menuju air terjun tidak terlalu melelahkan, kondisi kelelahan mungkin akan dirasakan saat pengunjung pulang dari lokasi utama, karena perjalanan kembali akan terus menanjak.

    Disarankan untuk menghindari kunjungan ke Air Terjun Sipiso-Piso saat puncak musim penghujan, karena kondisi jalur trekking bisa menjadi licin dan debit air yang turun dari air terjun akan sangat deras.

    Biaya tiket masuk ke Air Terjun Sipiso Piso adalah sebesar Rp. 5.000 per orang. Air Terjun Sipiso Piso untuk buka setiap hari.

    Air Terjun Sipiso-Piso menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi para wisatawan. Di antaranya adalah lahan parkir yang luas dan warung makan yang dapat membantu mengatasi kelaparan ketika perut sedang keroncongan. Penginapan juga tersedia di sekitar kawasan, dengan opsi yang dapat ditemukan di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe.

    BACA JUGA: Wisata Aek Sijorni, Serpihan Surga di Tapsel

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Temburun, Air Terjun 7 Tingkat di Anambas

    Selain itu, Air Terjun Sipiso-Piso dilengkapi dengan fasilitas lain seperti toilet yang nyaman. Di samping menikmati keindahan alam air terjun, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, memancing, dan hiking di sekitar kawasan tersebut.

    Agar dapat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-Piso dengan optimal, disarankan bagi wisatawan untuk datang pada musim kemarau atau saat cuaca cerah. Pada musim penghujan, debit air terjun akan lebih deras, sehingga pengalaman menikmati air terjun mungkin tidak sebaik pada musim kemarau.

    Tak lupa, para wisawatan sebaiknya membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah selama berada di Air Terjun Sipiso-Piso, karena pemandangan di sana pasti menawarkan banyak momen berharga yang sayang untuk dilewatkan.

    Itula sedikit informasi dari kami tentang Air Terjun Sipiso Piso, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke air terjun ini.(*)