BLANTERORBITv102

    Kapal Pinisi Kenzo, Daya Tarik Baru di Danau Toba

    Sabtu, 22 Juli 2023
    pinisi kenzo
    Pinisi Kenzo yang ada di Danau Toba


    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrat/Kabaparekrat) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi atas kehadiran Pinisi Kenzo sebagai kapal pinisi wisata pertama yang hadir di Danau Toba, Sumatra Utara.
    Pada Rabu (19/7/2023), Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan untuk meninjau kapal pinisi wisata pertama di kawasan Danau Toba. Kapal ini akan menyediakan paket wisata berkeliling Danau Toba dan juga live on board di Pantai Parapat, Simalungun.
    BACA JUGA: Menparekraf Luncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani
    BACA JUGA: Menparekraf Ajak Masyarakat Dukung Putri Ariani
    "Jadi ini (pinisi) pertama yang akan beroperasi di kawasan wisata Danau Toba. Dan ini adalah fasilitas yang mudah kita temui seperti live on board di beberapa destinasi lain," kata Menparekraf Sandiaga saat meninjau Ruang Terbuka Publik, di Pantai Parapat, Rabu (19/07/2023). 
    Menparekraf berharap bahwa kapal pinisi tersebut akan memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para wisatawan yang ingin menikmati perjalanan mengelilingi Danau Toba.
    "Saya harapkan Pinisi ini walaupun dibangun dengan penuh kearifan lokal karena ada gorga (seni ukir/pahat batak Toba) dan juga beberapa ornamen yang melambangkan delapan kabupaten kota, namun juga kita pastikan keselamatannya menjadi utama diprioritaskan safety dan kenyamanan buat wisatawan," harap Sandiaga Uno
    Dengan kehadiran pinisi di Danau Toba yang dikelola secara profesional, diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 8,5 juta.
    Hadirnya kapal pinisi ini diharapkan dapat menarik minat lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi Danau Toba dan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
    "Saya membayangkan nanti Pinisi Kenzo ini juga akan membuka paket bermalam yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. Dan ini akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja khususnya di sektor pariwisata. Ini juga menambah alternatif transportasi ke Samosir juga beberapa pelabuhan yang dibangun oleh pemerintah," tambah Sandiaga Uno.
    Sementara itu, pemilik Pinisi Kenzo, Anthony Sitorus, menjelaskan bahwa kapal pinisi tersebut direncanakan akan beroperasi mulai bulan Agustus 2023. 
    Pinisi wisata ini akan menawarkan paket wisata berkeliling Danau Toba yang mencakup pengalaman bermalam di atas kapal. 
    Dengan begitu, para wisatawan dapat menikmati perjalanan yang lebih lengkap dan memuaskan di destinasi yang indah ini.
    Pinisi Kenzo merupakan kapal yang dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain empat kamar tidur dengan toilet di dalamnya, serta dua toilet tambahan di luar kamar. Selain itu, ada juga bar untuk menyajikan minuman dan bersantai.
    BACA JUGA: Menparekraf Dukung Asia Media Summit
    BACA JUGA: Air Terjun Tri Sakti Pukau Sandiaga Uno
    Selain fasilitas utama tersebut, kapal pinisi ini juga menyediakan berbagai aktivitas penunjang untuk membuat pengalaman wisatawan lebih berwarna. Beberapa aktivitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan antara lain canoeing (perahu kano), paddling (berkano di atas air), serta menembak ikan (memancing). Dengan adanya beragam aktivitas menarik ini, diharapkan para wisatawan dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan selama berwisata di Danau Toba dengan Pinisi Kenzo.
    "Pinisi ini bisa (menampung) untuk 11 wisatawan. Kami ada paket full day dari pagi sampai sore mengelilingi Danau Toba, dapat makan siang dan snack dengan harga Rp20 juta. Sedangkan, kalau untuk 2 hari 1 malam itu Rp 35 juta, sudah termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan aktivitas yang menunjang pinisi kita," terang Anthony.(*)