BLANTERORBITv102

    Keindahan Pulau Tegal Mas, Wisata ala Maldives di Lampung

    Selasa, 25 Juli 2023
    Pulau Tegal Mas
    Keindahan Pulau Tegal Mas Lampung (instagram/@tegalmasthomas)

    SUDUTWISATA.COM- Pulau Tegal Mas merupakan salah satu lokasi wisata yang mempesona di Provinsi Lampung.

    Pulau Tegal Mas terletak di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, tepatnya di seberang dari Pantai Sari Ringgung, salah satu pantai paling populer di provinsi Lampung.

    Untuk menuju Pulau Tegas Mas, apabila wisatawan berangkat dari Kota Bandar Lampung, ibukota Provinsi Lampung. Maka wisatawan mengarahkan kendaraan ke Jalan RE Martadhinata.

    BACA JUGA: Krakatau Park Lampung, Taman Hiburan Terbesar di Lampung

    BACA JUGA: Keindahan Pantai Oyama, Lukisan Alam Nan Indah di Banggai Laut

    Setelah itu, lanjutkan perjalanan melewati Pantai Duta Wisata, Pantai Tirtayasa, Villa Gardenia, Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, dan Pasar Hanura. Kemudian Pada sebelah kiri jalan, Anda akan menemukan Gapura Masuk ke Pantai Sari Ringgung.

    Masuk ke kawasan Pantai Sari Ringgung dan selanjutnya menyewa perahu untuk menyeberang menuju Pulau Tegal Mas. Perjalanan tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam termasuk waktu menyeberang ke Pulau Tegas Mas yaitu sekitar 15 menit.

    Pulau Tegal Mas sering disebut "Maldives-nya Indonesia" oleh banyak wisatawan karena keindahan alamnya yang eksotis dan adanya penginapan terapung di sekitar pulau.

    Meskipun baru diresmikan sebagai kawasan wisata dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan pembangunan fasilitas wisata di Pulau Tegal Mas mengalami kemajuan yang sangat pesat.

    Hal tersebut, karena pihak pengelola terus melakukan berbagai inovasi untuk menjamin kenyamanan dan kepuasan bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini.

    Panorama alam yang memukau, ditambah kemudahan akses menuju lokasi, telah menjadikan Pulau Tegal Mas sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Provinsi Lampung.

    Tidak hanya diminati oleh para wisatawan domestik, Pulau Tegal Mas juga menjadi tujuan favorit bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lampung.

    BACA JUGA: 14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    Pulau Tegal Mas memiliki daya tarik utama berupa air laut yang bersih dan berwarna biru yang sangat menarik perhatian para pengunjung.

    Kualitas air laut yang begitu jernih ini merupakan indikator bahwa ekosistem laut di pulau ini masih terjaga dengan baik.

    Selain itu, kedalaman laut yang cukup dangkal juga memungkinkan para pengunjung untuk melakukan kegiatan diving di sekitar pantai.

    Tak heran banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk menikmati panorama pantainya yang memukau dan tentunya untuk snorkeling atau sekadar berendam di laut yang menyegarkan.

    Selain air lautnya yang jernih, Pulau Tegal Mas juga menawarkan daya tarik lain berupa hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang pantai.

    Bagi para pengunjung yang tidak ingin basah-basahan atau bermain air, mereka dapat menikmati bermain pasir atau bahkan membuat gambar atau menulis nama mereka di pasir, seperti yang sering dilakukan banyak orang.

    Pantai pasir putih ini juga menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto atau ber-selfie bagi para pengunjung dan wisatawan. Keindahan pantai dengan pasir putihnya menjadi latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen liburan mereka di Pulau Tegal Mas.

    BACA JUGA: 10 Rekomendasi Penginapan yang ada di Krui, Pesisir Barat Lampung

    BACA JUGA: Lagi Liburan ke Krui Lampung, Ini 6 Tempat Kulineran yang Bisa Anda Kunjungi

    Seperti di Pulau Pahawang, di Pulau Tegal Mas juga terdapat villa-villa yang unik, yaitu villa terapung, yang berdiri berjajar satu sama lain.

    Tidak hanya villa-villa terapung, Pulau Tegal Mas juga memiliki Masjid terapung yang berdiri dengan kokoh, menambah daya tarik tempat ini.

    Selain villa terapung, di sekitar pulau juga terdapat rumah penginapan yang khas (cottages) yang berdiri berjajar mengelilingi pantai.

    Harga penginapan di pulau ini tergolong cukup terjangkau, berkisar antara Rp 2.500.000,- hingga Rp 3.000.000,- untuk kapasitas 6 orang, dan sudah termasuk fasilitas kamar lengkap, sarapan, antar-jemput dari Pulau Sari Ringgung ke Pulau Tegal Mas, serta kesempatan untuk menyelam.

    Perjalanan ke pantai akan terasa kurang lengkap jika tidak melakukan diving atau snorkeling. Pulau Tegal Mas juga menawarkan keindahan wisata bawah laut yang tidak kalah menariknya.

    Para pengunjung yang menyukai diving atau snorkeling akan dimanjakan dengan pesona bawah laut yang memukau, termasuk keberagaman terumbu karang, berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya, serta pahatan bertuliskan "Pulau Tegal Mas."

    Aktivitas bawah laut ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan yang menyambangi Pulau Tegal Mas.

    Salah satu hal yang tak kalah menarik dari berbagai pesona Pulau Tegal Mas yang telah disebutkan sebelumnya adalah adanya penangkaran bayi hiu atau baby sharks.

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    BACA JUGA: Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat

    Penangkaran bayi hiu ini bertujuan untuk konservasi, riset, dan edukasi bagi masyarakat. Para pengunjung diberi kesempatan untuk melihat bayi hiu tersebut dari jarak yang dekat, memberikan pengalaman yang unik dan berharga.

    Selain itu, jika beruntung, para pengunjung juga dapat menyaksikan hiu paus atau hiu totol yang sering terlihat berkeliaran di sekitar pulau. Hal ini tentunya menambah daya tarik dan keistimewaan dari Pulau Tegal Mas sebagai destinasi wisata yang menakjubkan.

    Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan wisata Pulau Tegal Mas yang ada di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Maldives-nya Indonesia.(*)