BLANTERORBITv102

    Menparekraf Luncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani

    Senin, 10 Juli 2023

    wisata papua
    Sandiaga Uno saat meluncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani, Jayapura
    SUDUTWISATA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Dortheys Hiyo Eluay (DJJ).

    Peluncuran TIC di Bandar DJJ Sentani, Kabupaten Jayapura Provinsi Papu pada Rabu (5/7/2023) lalu. Hadirnya TIC di Bandara DJJ tersebut siharapakan bisa memberikan sarana informasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Jayapura.

    Dalam kesempatan tersebut Sandiagi mengapreasiasi terobosan inovatif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jaya Pura Tersebut.

    BACA JUGA: Menparekraf Ajak Masyarakat Dukung Putri Ariani

    BACA JUGA: Air Terjun Tri Sakti Pukau Sandiaga Uno

    Karena menurutnya dengan hadirnya TIC di Bandar DJJ tersebut akan memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mendapatkan informasi terkait dengan destinasi wisata, akomodasi, hingga even-event yang ada di Kabupaten Jayapura.

    Dengan adanya TIC tersebut, Sandiaga Uno juga mengungkapkan wisatawan bisa lebih mudah lebih baik dalam merencanakan perjalanan wisata mereka di Kabupaten Jayapura.

    "Saya ucapkan selamat kepada Pj. Bupati beserta seluruh jajaran karena ini adalah sebuah inovasi yang sangat membantu untuk mendapatkan informasi baik daya tarik wisata maupun akomodasi dan event-event. Semuanya sudah dirangkum dan tinggal scan barcode, ini termasuk salah satu yang pertama di kabupaten seluruh Indonesia," sampai Sandiaga Uno.

    Untuk mengakses layanan TIC yang dihadirkan Pemerintah Kabupaten Jayapura tersebut, wisatawan hanya melakukan scan barcode. Setelah scan barcoder tersebut maka akan langsung terhubung ke website https://tourism.jayapurakab.or.id/.

    Di website tersebut, Pemerintah Kabupaten Jaya Pura memiliki databes yang lengkap mengenai objek wisata hingga deskiripsinya, peta, jam buka, rekomendasi hingga pemandu wisata.

    Hadirnya layanan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi wisatawan yang melakukan perjalanan ke Kabupaten Jayapura.

    "Layanan Tourist Information Center ini nantinya bukan hanya berada di lokasi kedatangan (Bandara Dortheys Hiyo Eluay), tapi juga akan disampaikan di media sosial. Karena di media sosial ini yang paling mudah kita share informasi untuk bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan," papar Sandiaga.

    Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno berharap agar layanan TIC dapat mendorong pergerakan wisatawan nusantara yang ditargetkan sebanyak 1,4 miliar ditahun 2023 ini.

    Ia juga mengungkapkan bahwa, setiap pergerakan wisawatan nusantara akan menghasilkan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

    BACA JUGA: Menparekraf Dukung Asia Media Summit

    BACA JUGA: WSL Krui Pro Diprediksi Tarik Kunjungan Ribuan Wisatawan

    "Dan target lapangan kerja yang akan kita capai di 2024 adalah 4,4 juta sangat mungkin bisa dicapai jika seluruh kabupaten di Indonesia memiliki inovasi yang sama," terang Sandiaga Uno.

    Sementara itu, Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyampaikan penghargaan dan terima kasih sebesar-besar atas ketersediaan Menparekraf untuk meluncurkan TIC di Bandara DJJ Jayapura.

    "Ini menjadi motivasi buat pelaku ekonomi dan pelaku wisata khususnya di Kabupaten Jayapura dalam rangka peningkatan ekonomi dan pembangunan Jayapura," sampai Triwarno Purnomo.(*)