BLANTERORBITv102

    Serunya Berwisata ke Air Terjun Donok, Desa Batu Ampar Kepahiang Bengkulu

    Sabtu, 15 Juli 2023
    Air Terjun Donok
    Air Terjun Donok Desa Batu Ampar Kepahiang Bengkulu

    SUDUTWISATA.COM- Air Terjun Donok merupakan salah satu wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. 

    Air Terjun Donok ini berada di Desa Wisata Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Berjarak sekitar 25 KM dari Kota Kepahiang dengan jarak tempuh sekitar 41 menit dan dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu berjarak 79 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

    Desa Wisata Batu Ampar sendiri tahun 2023 ini masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dan akan dikunjungi Oleh Menteri Pariwisata dan Ekonmo Kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

    BACA JUGA: 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    BACA JUGA: Air Terjun Sengkuang Kepahiang Bengkulu

    Meskipun berada di wilayah Kabupaten Kepahiang, namun dibandingkan dari Kota Kepahiang Air Terjun Donok ini lebih dekat dari Kota Curup ibukota Kabupaten Rejang Lebong. 

    Dari Kota Curup Air Terjun Donok hanya berjarak 9,5 KM dengan waktu tempuh sekitar 18 menit. Air terjun ini dekat dengan Kota Curup, karena memang tempat Air Terjun Donok ini berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang.

    Akses menuju Air Terjun Donok dan Desa Batu Ampar ini sudah sangat bagus. Untuk rute menuju lokasi wisata ini baik dari arah Kota Kepahiang maupun Kota Curup, wisatawan berjalan menuju RSUD Rejang Lebong yang ada di jalan Jalur II Durian Depun.

    Hanya berjarak beberapa puluh meter dari RSUD Rejang Lebong tersebut, disebelah kanan jalan ada persimpangan menuju Desa Wisata Batu Ampar atau Batam. Kemudian wisatawan tinggal mengikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan Desa Wisata Batu Ampar.

    Air Terjun Donok
    Loket Masuk Air Terjun Donok

    Perjalanan kemudian dilanjutkan sampai melewati Desa Batu Ampar hingga bertemu dengan pintu masuk dan loket pembayaran untuk masuk ke Wisata Air Terjun Donok. Untuk wisatwan yang menggunakan kendaraan roda empat, hanya bisa sampai hingg loket masuk ini, kemudian melanjutkan perjalan dengan jalan kaki

    Sedangkan untuk yang menggunakan kendaraan roda dua masih bisa menggunakan kendaraannya melewati jalan setapak ditengah perkebunan kopi warga menuju tempat parkir kendaraan roda dua.

    Saat menggunakan kendaraan roda menuju lokasi parkir, meskipun jalannya sudah rabat beton dengan lebar sekitar 1 meter. Namun wisatawan harus hati-hati karena diujung jalan ada turunan yang disisi kanan jalan terdapat jurang yang dibagian bawahnya adalah persawahan warga.

    Kemudian setelah menuruni turunan tersebut, sebelum sampai ke tempat parkir ada tanjakan dengan panjang hanya beberapa meter namun cukup terjal, sehingga terkadang motor yang digunakan pengunjung tidak bisa mendaki bila dinaiki dua orang.

    Setelah sampai di parkiran motor, kemudian perjalanan akan dilanjutkan menuruni tebing menuju Air Terjun Donok. Namun wisatawan tak perlu khawatir, karena akses jalan menuju lokasi air terjun sudah dibangun tangga semen.

    Air Terjun Donok
    Tangga menuju Air Terjun Donok

    Setelah melewati ratusan anak tangga, wisatawan akan tiba disungai yang merupakan aliran Air Terjun Donok. Saat tiba disungai ini pesona dari Air Terjun Donok sudah terlihat.

    Untuk memudahkan akses sampai ke titik Air Terjun Donok, pengelola telah membangun jembatan bambu, sehingga wisatawan tak perlu lagi melakukan susur sungai.

    BACA JUGA: Kebun Teh Kabawetan Kepahiang

    BACA JUGA: Keindahan Air Terjun Temam, Wisata Hits di Kota Lubuklinggau

    Udara segar dan sejuk, belum lagi ditambah dengan aliran Air Terjun dan sungainya yang sangat jernih dan dingin akan melepas penat wisatawan yang lelah selama perjalanan menuju Air Terjun ini.

    Air Terjun Donok memiliki ketinggian sekitar 25 meter, selain aliran utamanya yang berhulu di Bukit Hitam kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kaba, disisi kiri dan kanan air terjun ini juga banyak air yang yang terjun yang mengalir langsung dari perut bumi melalui celah bebatuan sehingga akan menambah keindahan dari air terjun ini.

    Beragam aktifitas bisa dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke ke Air Terjun Donok, mulai dari mandi dibawah air terjun hingga melakukan berbagai aktifitas lain seperti berswafoto.

    Kolam yang terbentuk di bawah air terjun ini sangat aman untuk kegiatan berenang, mandi dan bermain air, karena memang kolamnya tidak terlalu dalam hanya sekitar 50 CM. Sehingga wisatawan bisa langsung bermain tepat dibawah Air Terjun.

    Untuk wisatawan yang dari bermain air tak perlu khawatir untuk tempat ganti pakaian, karena pengelola sudah menyiapkan beberapa kamar ganti sehingga sangat memudahkan para pengunjung.

    Karena akses menuju air terjun ini sangat mudah, sehingga air terjun ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa, namun anak-anak juga bisa dengan mudah mengunjungi Air Terjun Donok.(*)