BLANTERORBITv102

    Wisata Cibulan Kuningan, Merasakan Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa

    Minggu, 06 Agustus 2023
    Cibulan Kuningan
    Wisatawan Tengah Berfoto dengan ikan Dewan di Wisata Cibulan Kuningan (instagram/@ejherockchan)

    SUDUTWISATA.COM-Cibulan merujuk pada sebuah destinasi wisata yang telah berdiri sejak lama di Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Saat ini, tempat ini telah menjadi salah satu tujuan liburan yang populer, resmi dibuka pada tanggal 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan pada masa itu, yakni R.A.A. Mohamand Achmad.

    Di lokasi objek wisata ini, terdapat dua kolam besar yang memiliki bentuk persegi panjang. Kolam pertama memiliki ukuran 35x15 meter persegi dan memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Sementara itu, kolam kedua memiliki dimensi 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, kedalaman kolam mencapai 60 sentimeter, sementara bagian kedua memiliki kedalaman 120 sentimeter.

    BACA JUGA: Keindahan Danau Tendetung, Danau Unik di Banggai Kepulauan

    BACA JUGA: Wisata Aik Nyet Sesaot, Pemandian di Tengah Hutan Lombok

    Menurut cerita yang beredar di antara penduduk Desa Maniskidul serta warga Kuningan secara umum, cerita tentang ikan dewa yang ada di kolam Cibulan diyakini berasal dari masa lalu di mana ikan-ikan tersebut dikatakan dulunya adalah prajurit-prajurit yang memberontak atau tidak setia terhadap pemerintahan Prabu Siliwangi. Secara singkat, prajurit-prajurit yang memberontak ini dihukum oleh Prabu Siliwangi dan berubah menjadi ikan.

    Legenda ini mencatat bahwa populasi ikan dewa ini telah tetap stabil sejak dulu hingga saat ini, tidak ada penambahan atau pengurangan. Terlepas dari kebenaran legenda ini, hingga saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan tersebut karena diyakini bahwa orang yang mengganggu ikan-ikan ini akan mendapat bencana.

    Selain kolam yang ditempati oleh ikan dewa yang memiliki sifat ramah, di sudut barat pemandian ini terdapat tujuh mata air yang dianggap keramat dan dikenal dengan nama Tujuh Sumur. 

    Mata air-mata air ini berupa kolam-kolam kecil yang masing-masing diberi nama seperti Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Dikatakan bahwa di antara ketujuh sumur tersebut, salah satunya berisi Kepiting Emas yang dikenal sebagai Sumur Cirancana.

    Wisata Kolam Pemandian Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Jarak antara Cibulan dan Kota Kuningan adalah sekitar 7 km, sementara jarak antara Cibulan dan Kota Cirebon sekitar 28 km.

    Untuk mencapai obyek wisata Cibulan, terdapat dua jalur yang dapat digunakan menggunakan angkutan umum, yaitu melalui Kuningan dan Cirebon, karena lokasi wisata ini terletak di jalan Kuningan-Cirebon. 

    Jalur pertama melibatkan Terminal Kuningan sebagai titik awal, dimana Anda dapat menggunakan angkutan kota dengan tujuan Terminal Cirendang – Cimulus, dan kemudian berhenti di jalan menuju lokasi Cibulan. Sementara itu, jalur kedua dapat ditempuh melalui Cirebon dengan menggunakan angkutan umum yang menuju ke lokasi tersebut.

    BACA JUGA: Telaga Saat Puncak, Tempat Wisata yang Meneduhkan di Bogor

    BACA JUGA: Keindahan Danau Kaco, Serpihan Surga di Belantara Kerinci

    Agar dapat memasuki Wisata Cibulan Kuningan, para wisatawan akan dikenakan biaya masuk yang bervariasi berdasarkan usia dan hari kunjungan. Bagi wisatawan dewasa yang berkunjung ke Wisata Cibulan pada akhir pekan, biaya masuknya adalah sebesar Rp 20.000,- Sementara itu, bagi anak-anak kecil, biaya masuknya adalah sebesar Rp 18.000,-.

    Sedangkan bagi wisatawan yang  mengunjungi wisata ini pada hari libur atau akhir pekan, biaya masuk bagi anak-anak kecil akan menjadi Rp 20.000,- Sedangkan untuk orang dewasa, biaya masuknya akan sedikit lebih tinggi, yakni sebesar Rp 22.000,-.

    Selain tiket masuk Cibulan Kuningan, wisatawan akan dikenakan tarif parkir kendaraan yaitu  Rp 3.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil dan untuk kendaraan besar seperti bus, truk, elf dan lainnya sebesar Rp 25.000,-.

    Selain itu wisatawanjuga akan dikenai biaya tambahan untuk menikmati berbagai wahana di Wisata Cibulan, dan harga-harganya bervariasi. Namun, penting untuk diingat bahwa biaya tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang ditetapkan oleh pengelola Wisata Cibulan.

    Pemandian Cibulan Kuningan beroperasi selama periode yang cukup luas, dimulai dari pagi hingga sore hari. Anda dapat mengunjungi Wisata Cibulan Kuningan sesuai dengan jam buka, yaitu dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

    Obyek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja sepanjang minggu. Anda memiliki kebebasan untuk memilih hari kunjungan Anda mulai dari Senin hingga Minggu. Meskipun demikian, disarankan untuk mengunjungi pada hari kerja (weekday) agar pengunjung tidak terlalu ramai.

    Objek wisata Cibulan menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Wisata Cibulan mencakup area parkir yang luas untuk berbagai jenis kendaraan pengunjung.

    BACA JUGA: Keindahan Danau Paisupok, Danau Sebening Kaca di Banggai Kepulauan

    BACA JUGA: Pulau Derawan, Serpihan Surga di Timur Kalimantan

    Selain itu, tersedia juga fasilitas kamar mandi dengan bilas dan toilet umum yang tetap terjaga kebersihannya. Pengunjung yang merasa lelah setelah berenang di Wisata Cibulan juga dapat menemukan tempat makan yang nyaman.

    Warung-warung di sini menyediakan pilihan makanan yang lezat serta minuman dengan harga yang terjangkau. Anda juga memiliki kebebasan untuk memilih tempat duduk, baik di kursi atau lesehan, sesuai dengan preferensi Anda.

    Wisata Cibulan tidak hanya menawarkan fasilitas tersebut, tetapi juga memiliki berbagai wahana menarik seperti flying fox dan lainnya. Terdapat juga berbagai spot wisata lain yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan peralatan keselamatan.

    Selama berkunjung ke Wisata Cibulan, wisatawan akan dapat menikmati berbagai macam spot wisata yang disediakan oleh pihak pengelola. Setiap spot wisata memiliki keunikan dan tantangan yang berbeda-beda, sehingga memberikan pengalaman yang beragam bagi para pengunjung.

    Salah satu daya tarik utama dari Wisata Cibulan adalah kesempatan untuk berenang bersama ikan dewa yang memiliki legenda tersendiri. Para pengunjung Wisata Cibulan memiliki kesempatan untuk berenang bersama ikan dewa yang memiliki bentuk yang unik.

    Ukuran ikan dewa yang ada di kolam bervariasi, namun umumnya memiliki panjang sekitar setinggi orang dewasa, yaitu sekitar 60 cm. Ikan-ikan ini tersebar di tiga kolam dengan ukuran yang berbeda, mulai dari 1,5 hingga 2,8 meter.

    Pengunjung yang memilih untuk berenang di kolam ini tidak perlu khawatir, karena ikan dewa ini memiliki sifat yang ramah sehingga wisatwan dapat bermain dengan rasa tenang. Wisatwan juga diberi kebebasan untuk memegang dan bahkan mencium ikan, sembari mengabadikan momen tersebut dalam foto.

    BACA JUGA: Danau Love, Danau unik di Sentani Jayapura Papua

    BACA JUGA: Pemandian Air Panas Guci, Wisata Relaksasi di Jawa Tengah

    Selain itu, para pengunjung juga diizinkan memberi makan ikan-ikan ini dengan menggunakan pakan yang telah disediakan di area Wisata Cibulan. Makanan yang diberikan berupa apel merah, yang dikatakan merupakan makanan kesukaan dari para dewa.

    Selain menikmati berenang dan berinteraksi dengan ikan dewa, wisatwan juga dapat menikmati berbagai wahana wisata yang disediakan di Wisata Cibulan. Salah satu diantaranya adalah Waterpark Cibulan Kuningan yang menawarkan berbagai fasilitas lengkap.

    Waterpark ini menyajikan berbagai wahana seperti seluncuran, ember tumpah, dan area basket air. Semua wahana ini dapat wisatawan nikmati untuk menambah keseruan selama berada di waterpark. Selain itu, tersedia juga sepeda air yang dapat digunakan untuk berkeliling kolam dengan kapasitas dua penumpang.

    Sepeda air ini berbentuk angsa dan akan bergerak saat dikayuh. Salah satu kegiatan menarik lainnya adalah terapi ikan, di mana wisawatan dapat memasukkan kaki ke dalam kolam. Ikan-ikan yang digunakan berasal dari Jepang dan memiliki kemampuan untuk membersihkan sel kulit mati pada kaki wisatawan. Wisatawan akan merasakan sensasi seperti sedang dipijat saat kulit kaki wisatawan dikerumuni dan digigit oleh ikan.

    Setelah puas menikmati berbagai wahana dan aktivitas air, wisatawan dapat melanjutkan pengalaman dengan menikmati wahana outbond yang ditawarkan. Salah satu wahana outbond yang sangat populer di kalangan pengunjung adalah flying fox dan sepeda gantung.

    Wahana ini cocok bagi para penyuka tantangan dan petualangan, karena wisatawan akan meluncur dengan cepat di atas ketinggian sekitar 7 meter saat menaiki flying fox. Sementara itu, bagi mereka yang memilih untuk mencoba sepeda gantung juga akan menghadapi ketegangan serupa. wisatawan akan bersepeda melalui jalur berupa tali dari titik tertinggi hingga ujung jalur.

    Selain dua wahana tersebut, wisatawan juga dapat menikmati aktivitas outdoor lainnya seperti olahraga panah. Area olahraga panah ini terletak tak jauh dari kolam, dan wisatawan dapat bermain panah dengan biaya sewa yang terjangkau. Wisatawan akan diberikan 10 anak panah dan harus meluncurkannya ke papan target yang telah disediakan.

    BACA JUGA: Wisata Aek Sijorni, Serpihan Surga di Tapsel

    BACA JUGA: Watergong Klaten, Sungai Seribu Ikan yang instagramable

    Jika wisatawan berniat untuk berkunjung ke Wisata Cibulan Kuningan, berikut adalah beberapa tips yang perlu diikuti yaitu pilihlah waktu kunjungan saat cuaca cerah agar Anda dapat menikmati semua wahana tanpa gangguan hujan. Gunakanlah pakaian renang yang nyaman agar Anda bisa bermain dengan ikan dewa dengan leluasa.

    Kemudian bawalah pakaian ganti untuk digunakan setelah selesai berenang atau bermain air di Cibulan Kuningan, hindari memberi makan ikan dewa sembarangan. Ingatlah bahwa ikan ini hanya boleh diberi makan apel merah saja dan patuhi semua peraturan yang berlaku di lokasi wisata, terutama yang berkaitan dengan hewan sakral seperti ikan dewa.

    Itulah sedikit informasi tentang obyek wisata Cibulan yang ada di Kuningan Jawa Barat. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata ini.(*)